masalah yang terjadi di dalam suatu perusahaan

Masalah yang terjadi di dalam perusahaan
Sejak masa kekuasaan Orde Baru, kenaikan gaji pegawai negeri maupun perusahaan lain, sering justru menimbulkan masalah rentetannya. Seperti saat ini, jauh-jauh hari menteri pendidikan sudah mengumumkan bahwa tahun 2009 gaji terendah untuk guru Rp 2 juta. Akibat pengumuman tak resmi tersebut maka harga-harga merangkak naik, akhirnya inflasi tetap meninggi dan hasilnya sama saja. Penaikan gaji, ataupun semacamnya, merupakan suatu solusi sesaat yang tidak memecahkan persolan mendasar.

Salah satu cara menjaga kestabilan ekonomi, yaitu memantapkan nilai mata uang. Problem mendasar di negeri kita, jurang miskin-kaya sangat luar biasa. Jangan heran bahwa gaji seorang direktur bank (semisal bank Mandiri) dapat mencapai Rp 240 juta per bulan, gaji direktur BUMN sekitar Rp 50 -60 juta per bulan. Gaji anggota DPR .. jangan tanya.
Sementara di bawah, upah minimum hanya berkisar Rp 600 – 800 ribu per bulan. Di negara ini, pekerjaan tukang sampah se-olah-olah tidak penting, pekerjaan tukang kebersihan tidak penting sehingga dibayar murah. Kemiskinan banyak menimbulkan kejahatan, termasuk korupsi manipulasi kelas teri yang sudah merambah kemana-mana.

Kita lihat contoh di berbagai negara maju dan makmur, gaji maksimum dan minimum kisarannya hanya sekitar 5 kali lipat, bahkan banyak yang kurang dari itu. Artinya betul-betul ada pemerataan pendapatan. Jika pendapatan terlalu tinggi, maka kena pajak yang tinggi (pajak progresif). Jaminan kesehatan, pendidikan dan transportasi publik kepada warga negara juga sangat baik. Jangan heran, jika gaji sopir bus kota sama dengan gaji profesor.

Untuk menguatkan nilai mata uang, maka negara harus memiliki tabungan (devisa) yang besar dan hutang yang kecil, sementara hutang negara kita saja 140 M USD.
Di Jepang, bunga bank hanya sekitar 0,16% per tahun, berarti tidak ada orang menjadi kaya karena menyimpan deposito. Menjadi kaya karena bekerja dan menabung. Nilai mata uang yang stabil, menyebabkan harga-harga selalu tetap atau nyaris tetap dari tahun ke tahun

Kesimpulan: untuk menjaga kestabilan ekonomi kita harus memantapkan nilai mata uang ,mengurangi jumlah kemiskinan dengn cara memperbanyak / memperluas lapangan pekerjaan serta menjamin kenaikan gaji bagi karyawan sehingga tidak ada lagi masalah-masalah yg tidak di inginkan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s